Rabu, 08 Mei 2019

 


Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam terbitan (KDT) 

Fiqih Puasa Versi Madzhab Syafi’iy 

Penulis : Muhammad Ajib, Lc., MA 

43  hlm 

 

 

 

Judul Buku Fiqih Puasa Versi Madzhab Syafi’iy 

Penulis  

Muhammad Ajib, Lc., MA 

Editor Aufa Adnan Asy-Syaafi’iy 

Setting & Lay out Fayyad & Fawwaz 

Desain Cover Faqih 

Penerbit 

Rumah Fiqih Publishing 

Jalan Karet Pedurenan no. 53 Kuningan  Setiabudi Jakarta Selatan 12940 

 

Jakarta Cet Pertama 

10 April 2019 

 

Halaman 4 dari 43 

 

Daftar Isi 

DaftarIsi ......................................... 4 

Bab I : Pengertian Puasa ............. 6 

A. Definisi Puasa ...........................6 

B. Dalil-Dalil Tentang Puasa ........6 

Bab 2 : Keutamaan Puasa ......... 12 

A. Bau Mulut Disukai Allah SWT .12 

B. Doanya Mustajab ...................12

C. Mendapatkan Dua Kebahagiaan 13 D. Sebagai Tameng Dari Syaiton ..14 E. Mendapat Ampunan Dari Allah SWT .....15 

F. Menjadi Orang Yang Bertaqwa .15 

G. Mendapatkan Surga Ar-     16 

H. Mendapatkan Pahala Khusus... 17 

Bab 3 : Macam-macam Puasa ...19 

A. Puasa Wajib .......................... 19 

B. Puasa Sunnah .........................20 

C. Puasa Haram .........................20 

D. Puasa Makruh .........................21 

Bab 4 : Syarat Puasa ............22 

A. Syarat Wajib Puasa ............22 

B. Syarat Sah Puasa ................. 22 

Bab 5 : Rukun Puasa ...............24 

A. Niat .......................................... 24 

B. Imsak (Menahan) ..............26 

Bab 6 : Sunnah Puasa..............29 

A. Mengakhirkan Sahur ................ 29 B. Menyegerakan Berbuka .......30 

C. Memperbanyak Ibadah Sunnah .....

Halaman 5 dari 43 

D. Menahan Diri Dari Amal Buruk 30 

Bab 7 : Pembatal Puasa ............. 32 

A. Sengaja Makan & Minum ......... 32 B. Sengaja Muntah ..................33 

C. Sengaja Mengeluarkan Sperma .34 D. Berhubungan Badan (Jims 34 

E. Memasukkan Sesuatu Ke Lubang Tubuh ........... 35 

F. Keluar Darah Haidh & Nifas ...... 36 

Bab 8 : Orang Yang Boleh Tidak Puasa .......................37 

A. Orang Yang Sakit ........................ 37 B. Musafir .......................................37 C. Orang Yang Tidak Mampu ........ 38 

D. Ibu Hamil & Menyusui ................ 39 

Referensi ..................................... 40 

Muhammad Ajib, Lc., MA ............

 

Bab I : Pengertian Puasa 

A. Definisi Puasa 

Secara bahasa puasa dalam bahasa arab disebut dengan (الصَّوْ مُ) yang maknanya adalah menahan. Kata 

 .(صَامَُ-ي صو مُ-صَوْمًا- ِصيامًا) ini berasal dari bentuk (الصَّوْ مُ)

Adapun puasa secara istilah syar’i menurut Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab adalah: وفى ُالشرع:ُإمساك مخصوص عنُشيءُمخصوص فيُ .زمن مخصوصُ من شخصُُمخصوص

Adapun puasa menurut istilah syar’i adalah Menahan diri secara khusus dari hal yang khusus yang dikerjakan di waktu yang khusus oleh orang tertentu.  

B. Dalil-Dalil Tentang Puasa 

Sebenarnya banyak sekali dalil-dalil yang berkaitan dengan masalah puasa.  

Di dalam Al-Quran Al-Karim, Allah SWT berfirman mengenai puasa ramadhan:  

 

يََُ أي هَا الذِينَُ آمَن واْ كتبَُ عَليْ ك مُ ال صِيا مكَمَاُ كتبَُ عَلىُالذِينَ مِنُقَ بْل كمُْلعَل كمُْتَ تَّ  قونَُ. ُ

“Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaiman telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.” 

(QS Al-Baqarah : 183) Di dalam hadits juga disebutkan mengenai puasa ramadhan: 

ب نَُُِالإسْلا مُُعَلى خََ سُُ:ُشَهَادَةُُِأنُُْلَُُإلهَُُإلَُُّالَّلُّ وَأنَُُّ مَُمَّدًا ُر سول ُالَّلُِّ وَإقامُ ُالصَّلاةُِ وَإيتاءُِ الزكََّاةُِ ُُوَالْْ جُُُِوَصَوْمُُرََمضَانَُ. 

Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim).  

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan mengenai puasa sunnah : 

أَنَُُّرَ جُِلاًُ جَُاءَُُإلَُ النَِّ بُُِ ثَُُئِرَُُالرَُّْأسُُِفَُ قَُالَُ: يََُُرَ سُولَُُاللهُأَخُْبُِْنُ مَُاذَُاُفَُ رَضَُُاللُه ُعَُُلَيَُّ مُنَُُال صَُُيامُ ؟ُقالَُُشَُهُْ رُُرََُمضَُانَُُ قَالَُُ هَُلُُْ عَُُلَيَُُّ غَُيُُْ هُ ؟ُ قَالَُُ لَُُ إلَُُّ أَنُُْ تَطَُُوعَُُ شيئاً. 

Dari Thalhah bin Ubaidillah ra bahwa seseorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya,”Ya Rasulullah SAW , katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa ?” Beliau menjawab,”Puasa Ramadhan”. “Apakah ada lagi selain itu ?”. Beliau menjawab, “Tidak, kecuali puasa sunnah”.(HR. Bukhari dan Muslim) 

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan: 

عَنُْأبُِ هريْ رةَُرضِيَ الَّلّ ُعَنْه أنَُّر سولَُالَّلُِّصَلىُالَّلُّ عَليْهِ وَسَلمَُقالَُ:ُإذَا جَاءَُرمَضَا نُف تحَتْ أبْ وَا بُالْْنةُِوَغ ل قَتُْ أبْ وَا بُ النارِ وَ ص فِدَتُْ الشَّياطِ يُ.ُرَوَاهُ الب خَاريُُّوَ مسْل مُ. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi SAW bersabda: Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu”. (HR. Bukhari dan Muslim) 

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan mengenai puasa dawud: 

أحَبُُُّالصَّلاةُُِإلَُُالَّلُُِّصَلاةُ دَا ودَُُعَليْهُُِالسَّلا مُ وَأحَبُُُّال صِيامُُإلَُُالَّلُُِّصَُِيا مُ دَا ودَُُ: وكَانَُُيَ نا مُ نصْفَُُالليْلُوَيَ  قو مُُث  ل ثهُ ُوَيَ نا مُُ س دسَهُ وَي صوُ مُيَ وْمًا وَي  فْطِ رُُيَ وْمًا.ُ 

Dari Abdullah bin Amru radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Shalat (sunnah) yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat (seperti) Nabi Daud as. Dan puasa (sunnah) yang paling dicintai Allah adalah puasa (seperti) Nabi Daud as. Beliau tidur separuh malam, lalu shalat 1/3-nya dan tidur 1/6-nya lagi. Beliau puasa sehari dan berbuka sehari. (HR. Bukhari) 

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan puasa Asyura: 

قَدِمَُ النبُُّ ُفَ رأىِ الي  هودَُ ت صو مُِ عَِا شورَاءَُُُفَ قَالَُ : مَاُ هَذَاُ؟ُ قال واُ :ُيَ وْ م صَال ح نََىُ الَّلُّ فيهُ  موسَى وَبنِ إسْرائيلَُِ منُْعَ د وهمُْفصَامَِهُِ   موسَِى ُفَ قَالَُ:ُأنََُأحَقُُّ بِ وسَى منْ كمُْفصَامَه وَأمَرَُبصيامهُ. 

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: ketika Rasulullah SAW tiba di kota Madinah dan melihat orangorang Yahudi sedang melaksanakan shaum assyuraa, beliau pun bertanya, "apa ini?". Mereka menjawab: "Ini hari baik, hari di mana Allah menyelamatkan bani Israil dari musuh mereka lalu Musa shaum pada hari itu. Maka Rasulullah SAW menjawab: Aku lebih berhak terhadap Musa dari kalian, maka beliau shaum pada hari itu dan memerintahkan untuk melaksanakan shaum tersebut. (HR. Bukhari) 

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan puasa Arafah : 

صَوْ مُ يَ وْمُ عَرفةَُ ي كَ فِ رُ سَن تيِْ مَاضِيةًُ وَ مسْت قْب لةً وَصَوْ مُ يَ وْمُعَا شورَاءَُي كَ ف رُسَنةً مَاضيةًُ. ُ

Dari Abi Qatadah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Puasa Asyura' menghapuskan dosa tahun sebelumnya. (HR. Jamaah kecuali Bukhari dan Tirmizy) 

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan puasa  : Syawwalمَنُْصَامَُرمَضَانَُ ثَُُّأتْ ب عَه ُسِتا مِنُْشَوا ل فذَاكَُصِيا مُالدَّهْرُِ. ُ

Dari Ayyub Al-Anshari ra, dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda : “orang yang puasa ramadhan lalu dilanjutkan dengan puasa 6 hari dari bulan Syawwal, maka seperti orang yang berpuasa setahun”.  (HR. Muslim).  

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan puasa Ayyamul Bidh : 

يََُ أبََ ذَ  رُ إذَا  صمْتَُ مِنُْ الشَّهْرُِ ثلاثةًُ ف صمْ ثلاثَُ عَشَرةَُوَأرْبعَُ عَشَرََة وَخََْسَُعَشَرةَُ. 

Dari Abu Zar Al-Ghifari ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Aba Dzarr, bila kamu hendak puasa tiga hari dalam sebulan, maka puasalah pada tanggal 13, 14 dan 15. (HR. AnNasai, At-Tirmizy dan Ibnu Hibban).  

Dan juga ada hadits lain yang menyebutkan puasa Senin & Kamis : 

إنَُُّأعْمَالُالعبادُُِت  عْرَ ضُُيَ وْمَُُالِثْ نيُِْ وَالْْمِيسُِ، وَأ حِبُُُّأنُُْي  عْرَضَُُعَمَلي وَأَنََُُصَائ مُ. ُ

"Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya amal manusia itu dilaporkan setiap hari Senin dan Kamis.” Aku suka saat amalku diperlihatkan,  Aku sedang dalam keadaan berpuasa. (HR. Abu Daud & An-Nasai).  

Dan juga hadits mengenai Nabi SAW memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, sebagaimana yang diriwayatkan Aisyah ra ia berkata:  

مَاُرأي تُُر سولُالَّلُُِّُأَكْثَ رَُُصِيامًاُمِنْهُ فيُ شَعْبانَُ. ُ

Saya tidak melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasanya, kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan Sya’ban. (HR Muslim).  

Bab 2 : Keutamaan Puasa 

Setiap ibadah yang kita lakukan tentu saja memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan. Semua keistimewaan dan keutamaan tersebut tentu saja diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya sebagai penyemangat dalam menjalankan ibadah kepadaNya. 

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika kita menjalankan ibadah puasa: 

A. Bau Mulut Disukai Allah SWT 

Orang yang sedang berpuasa tentu saja menahan makan dan minum. Hal ini tentu dapat menyebabkan bau mulut orang yang berpuasa lebih terasa menyengat alias sangat bau sekali. 

Namun bau mulut yang dipandang oleh manusia sebagai bau yang tak sedap itu justru dipandang oleh Allah SWT sebagai sebuah keutamaan. 

Dalam sebuah hadits yang shahih disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda:  وَلَْ ل و فُفَمُِالصَّائمُُِأطي بُعِنْدَُالَّلِّ مِنُْريحُِالمِسْكِ.ُ

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi. (HR. Muslim) 

B. Doanya Mustajab 

Setiap orang tentu sangat mendambakan sebuah doa yang mustajab atau dikabulkan oleh Allah SWT. Nah diantara waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah ketika kita dalam keadaan berpuasa. 

Mulai dari semenjak terbit fajar kita menahan diri dari hal yang membatalkan puasa hingga matahari terbenam kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. 

Sebab doa yang kita panjatkan selama kita berpuasa insyaAllah menjadi doa yang sangat mustajab. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda: 

ثَلاثة ُل ُت  ردُّ دَعْوَ تُ مُْ: ُالِإمَا م العَادِ لُ، وَالصَّائِ م حَتََُّّي  فْطِرَُ،ُوَدَعْوة ُالمَظل ومُ تُْمَ لُعَلىُالغمَام وَت  فْت ح لََاُأبْ وَا بُ السَّمَاءِ وَيَ  قو لُ الربُُّ عَزَّ وجَلَُّ: وَعِزتُِ لأن صرنَّكَُوَلوُْبَ عْدَُ حِ يُ. ُ

“Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orag orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini. (HR. Ahmad)  

C. Mendapatkan Dua Kebahagiaan 

Bagi orang yang menjalankan puasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yang tidak akan bisa dirasakan oleh orang lain yang tidak berpuasa. 

Dua kebahagiaan tersebut adalah kenikmatan yang dirasakan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Allah SWT. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda:  .للصَّائمُِفَ رحَتانُِ،ُفَ رحَة ُعِنْدَُفطرهِ وَفَ رحَة ُعِنْدَُلقَاءُِرب هُِ

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan 

Rabbnya. (HR. Muslim)  

D. Sebagai Tameng Dari Syaiton  

Orang yang sedang berpuasa ramadhan insyaAllah dia akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala macam godaan syaiton. 

Memang benar biasanya manusia jika di luar ramadhan akan melakukan segala macam maksiat dengan seenaknya sendiri sesuai hawa nafsunya.  

Namun ketika datang bulan ramadhan tentu dia akan merasa tidak leluasa dalam melakukan maksiat. Syaiton juga tidak gampang menggoda orang yang sedang berpuasa untuk melakukan dosa karena dibelenggu oleh Allah SWT. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa: 

عَنُْأبُِ هريْ رةَُرضِيَ الَّلّ ُعَنْهُ ،ُأنَُّر سولَُالَّلُِّصَلَّىُالَّلُّ عَليْهِ وَسَلمَُقالَُ:ُإذَا جَاءَُرََمضَا نُف تحَتْ أبْ وَا بُالْْنةُِوَغ ل قَتُْ أبْ وَا بُ النارِ وَ ص فِدَتُْ الشَّياطِ يُ.ُرَوَاهُ الب خَارِيُُّوَ مسْل مُ. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi SAW bersabda: Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu”. (HR. Bukhari dan Muslim) 

E. Mendapat Ampunan Dari Allah SWT  

Ada sebuah keutamaan khusus yang didapatkan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa ramadhan. Yaitu dosa dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda: 

مَُنُُْصَُامَُُرََُمضَُانَُُإيَُْانًَُ وَُاحُُِْتسَُابًَُُغُ فُِرَُُلَهُ مَاُتَ قَُدَُّمَُ مُِنُُْذَُُنُِْبهُِ . ُ

“Barang siapa yang berpuasa (di Bulan) Ramadhan (dalam kondisi) keimanan dan mengharapkan (pahala), maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari) 

F. Menjadi Orang Yang Bertaqwa  

Salah satu keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang berpuasa ramadhan adalah derajat taqwa. 

Memang benar banyak sekali jalan untuk mendapatkan derajat taqwa disisi Allah SWT. Dan salah satu jalan tersebut yaitu dengan cara menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. 

 Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:يََُ أي هَاُ الذِينَُ آمَن واْ كتبَُ عَليْ ك مُ ال صِيا مكَمَا كتبَُ عَلىُالذِينَ مِنُقَ بْل كمُْلعَل كمُْتَ تَّ  قونَُ. 

“Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 183)  

G. Mendapatkan Surga Ar-Rayyan  

Salah satu keutamaan yang paling sempurna yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa adalah masuk surga melalui pintu ar-Rayyan. 

Pintu ar-Rayyan ini secara khusus diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang menjalankan ibadah puasa. Pintu ini tidak akan dilalui oleh siapapun kecuali orang yang berpuasa saja. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda: 

إنَُّ فيُُالْْنةُِ بََُبًَُُي  قَالُلهُ ُ:ُالريََّ نُُيدْ خل مِنْهُ ُالصَّائ مونَُُيَ وْمَُ ُالقَِيامَةُِ لَُ ُيدْ خل مِنْهُ ُأحَ دُ ُغَيْ  همُْ ُي  قَال ُ: ُأينَُُالصَّائ مونَُ ؟ُفَ ي  قو مونَُُلَُُيدْ خل مِنْهُ ُأَحَ دُُغَيْ  همُُْفَِإذَاُدَخَل واُأ غْلقَُُفَ لمُُْيدْ خل مِنْهُ ُأحَ دُ. ُ

Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar-Rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, ”Manakah orang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya. 

(HR. Bukhari & Muslim) 

H. Mendapatkan Pahala Khusus  

Ibadah apapun yang kita lakukan tentu bernilai pahala disisi Allah SWT. Namun ibadah yang kita lakukan biasanya disebutkan pahalanya dengan cara hitung-hitungan lipatan pahala sekian kali. 

Adapun untuk ibadah puasa ini pahalanya secara  khusus Allah SWT berikan dengan tanpa hitunghitungan. Bisa jadi pahala puasa yang diberikan ini tanpa batasan nilainya atau dengan kata lain pahalanya sangat banyak sekali.  

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda: كلُُّعَمَلُِابنُِآدَمَُي ضَاعَ فُالَْْسََنة عَشْ رُأمْثالَِاُإلَُ 

سَبْعمِائةُِضِعْ فُقالَُالَّلّ ُعَزَّ وجَلَُّإلَُّالصَّوْمَُفإنه لُُوَأنََُأجْزىُبهُِ. 

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim)  

Bab 3 : Macam-macam Puasa 

Sebagai umat Rasulullah SAW, tentu kita harus tahu apa saja puasa yang disyariatkan kepada kita dan apa saja puasa yang justru tidak disyariatkan kepada kita. 

Terkadang ada orang menyebut dirinya sedang puasa namun ketika ditanya puasa apa yang dia lakukan tapi jawabannya kadang aneh sekali didengar. Ada yang bilang puasa mati geni, puasa muteh, puasa gak ngopi tapi makan minum sepuasnya dan lain-lain. 

 Paling tidak para ulama membagi puasa menjadi 4 macam hukum. Ada puasa yang hukumnya wajib, sunnah, makruh dan haram. 

Untuk lebih detail apa saja macam-macam puasa tersebut berikut ini penjelasannya: 

A. Puasa Wajib 

Puasa yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada kita ada 4 macam. Artinya puasa ini harus benar benar dikerjakan. Apabila tidak kita kerjakan maka kita berdosa. 

4 macam puasa yang wajib tersebut adalah: 

1. Puasa Ramadhan 

2. Puasa Qadha Ramadhan 

3. Puasa Nadzar 

4. Puasa Kaffarat 

B. Puasa Sunnah 

Puasa sunnah adalah puasa yang apabila kita kerjakan maka kita akan mendapatkan pahala. Akan tetapi jika kita tidak melakukannya juga tidak apa apa. Tidak ada dosa yang kita tanggung. 

Akan tetapi walaupun puasa ini hukumnya hanya sunnah tapi sebaiknya dan afdholnya tetap kita jaga dan kita laksanakan. Sebagai bentuk cinta kita kepada sunnah-sunnah Nabi SAW yang bernilai pahala. 

Puasa yang hukumnya sunnah diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Puasa Senin & Kamis 

2. Puasa Dawud 

3. Puasa 6 hari di bulan Syawwal 

4. Puasa tanggal 9,10,11 di bulan Muharram 

5. Puasa tanggal 8 dan 9 di bulan Dzulhijjah 

6. Puasa tanggal 13,14,15 tiap bulan Qamariyah 

7. Puasa di bulan Sya’ban 

8. Puasa di bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab) 

9. Puasa Dahr (puasa setiap hari terus menerus kecuali di hari terlarang) 

C. Puasa Haram 

Puasa haram maksudnya adalah puasa yang apabila kita lakukan malah mendapatkan dosa. Sebab puasa yang satu ini dilarang oleh Allah SWT. 

Diantara puasa yang diharamkan untuk dilakukan adalah sebagai berikut: 

1. Puasa tanggal 1 Syawwal 

2. Puasa tanggal 10 Dzulhijjah 

3. Puasa tanggal 11,12,13 Dzulhijjah  

4. Puasa Wishal (puasa setiap hari terus menerus tanpa sahur dan berbuka puasa) 

D. Puasa Makruh  

Puasa  makruh maksudnya adalah puasa yang apabila kita kerjakan tetap sah namun dimakruhkan oleh syariat islam. Artinya lebih baik puasa makruh ini tidak dilakukan.  

Diantara puasa yang dihukumi makruh adalah sebagai berikut: 

1. Puasa  sunnah khusus pada hari jumat saja 

2. Puasa sunnah khusus pada hari sabtu saja 

3. Puasa sunnah khusus pada hari ahad saja 

4. Puasa sunnah tanggal 10 Muharram saja 

Namun agar puasa diatas tidak dihukumi makruh maka kata para ulama dianjurkan untuk berpuasa satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya.  

Jika didahului satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya maka hukumnya tidak makruh. Wallahu a’lam.

Bab 4 : Syarat Puasa 

Puasa yang kita lakukan ada ketentuan yang harus dipenuhi. diantara ketentuan tersebut adalah mengenai syarat wajib dan syarat sah puasa. 

A. Syarat Wajib Puasa 

Di dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w. 593 H) disebutkan bahwa syarat wajib puasa ada 4 hal. Maksudnya adalah jika syarat wajib ini belum terpenuhi maka seseorang belum wajib melakukan puasa. 

4 syarat wajib tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Muslim 2. Baligh 

3. Berakal 

4. Mampu berpuasa 

B. Syarat Sah Puasa 

Di dalam kitab Kaasyifatus Sajaa karya Syaikh Nawawi al-Bantani (w. 1314 H) disebutkan bahwa syarat sah puasa ada 4 hal.  

Maksudnya adalah seseorang yang melakukan puasa apabila salah satu dari 4 syarat ini tidak terpenuhi maka puasanya menjadi tidak sah. 

4 syarat sah puasa tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Muslim 

2. Berakal 

3. Suci dari haid & nifas 

4. Mengetahui waktu puasa 

Bab 5 : Rukun Puasa 

Diantara bab yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah masalah rukun puasa. Parameter sah atau tidaknya puasa kita itu tergantung pula pada rukun puasa. 

Di dalam kitab al-Fiqhu al-Manhaji Ala Madzhabi al-Imam asy-Syafi’iy karya Dr. Musthafa al-Khin dan Dr. Musthafa al-Bugha disebutkan bahwa rukun puasa ada 2 hal: 

A. Niat 

Puasa tidak akan sah jika tidak didahului dengan niat. Sebab dalam hadits shahih Bukhari & Muslim Nabi SAW bersabda bahwa setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. 

Jika yang kita lakukan adalah puasa wajib maka harus berniat pada malam hari. Waktunya boleh berniat ketika sudah masuk waktu maghrib sampai sebelum terbit fajar.  

Adapun untuk puasa sunnah maka boleh niat puasa pada siang hari. Tidak disyaratkan harus niat pada malam hari. Seandainya pada siang hari ini kita belum makan minum sejak shubuh tadi kemudian kita tahu bahwa hari ini bulan sya’ban lalu kita berniat puasa sya’ban maka hal ini diperbolehkan dan sah niat puasanya. 

Dan juga untuk niat puasa ramadhan harus dihadirkan tiap malam. Maksudnya setiap malam harus berniat lagi. Niat harus diperbaharui setiap malam ramadhan. Tidak boleh hanya berniat pada malam pertama saja kemudian di hari berikutnya tidak niat lagi. 

Dalam madzhab syafi’iy dibolehkan bahkan disunnahkan melafadzkan niat puasa. Namun yang  dinilai sebagai niat yang wajib adalah niat dalam hati.قال الإمامُ النووي رحمه اللهُ :ُقالُ الشافعي والأصحابُ رحمهمُاللهُ تعالُ : لُ يصحُ صومُ رمضانُ ولُ غيه منُ الصيامُ الواجبُوالمندوب إلُبَلنية. وهذا ل خلاف فيهُعندنَ. ومُل النيةُالقلب, ول يشترط نُطق اللسان بلاُخلاف, ول يكفي عنُنية القلب بلاُخلاف،ُولكن يستحب التلفظ معُالقلب.ُ

)المجموع ,ج:6,ص:289( 

Untuk tata cara niat yang sempurna, Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin menyebutkan sebagai berikut: كمال  النية فيُرمضان: أن ينوي صوم غد عن أداءُفرض  رمضان هذه السنة لله ُتعال. ُروضة الطالبيُ  (2/ )053وعمدةُُالمفتي

Niat yang sempurna pada bulan ramadhan: yaitu berniat puasa esok hari untuk melaksanakan fardhu ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala. (Raudhatut Thalibin juz 2 hal 350) 

B. Imsak (Menahan) 

Imsak maksudnya adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar (adzan shubuh) hingga terbenamnya matahari (adzan maghrib). 

Dalil yang melandasi hal ini adalah firman Allah SWT: 

و كل واْ وَاشْرب واْ حَتََُّّيَ ت بيََُّل ك مُالْْيْ طُالأبْ ي ض مِنَُالْْيْطُِالأَسْوَدِ مِنَُالفَجْرُِ ثَُُّأتِواُْال صِيامَُإلَُُالليْلُِ. 

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam.” (QS. Al-Baqarah : 187) 

 :Dan juga hadits lain menyebutkanعَنُْابنُِعَبا سُرضِيَُالَّلّ ُعَنْ  همَا قالَ: قالَُر سو لُالَّلُِّصلىُاللهُعليه وسلم:ُالفَجْ رُفجْرانِ:ُفجْ رُ يُ ر مُالطعَامَُوَتَُِلُُّفيهُِالصَّلَاة وَفجْ رُتَُْ ر مُفيهُِالصَّلَاة ُأيْ:ُصَلَاةُ الصُّبْحُِ-ُوَيَُِلَُّفِيهِ اَلطَّعَا م.ُُرََواهُ ابنُ خُزَْيْةَ وَالْْاكِ مُ. 

“"Fajar itu ada dua macam yaitu fajar yang diharamkan makan dan diperbolehkan melakukan shalat (shubuh) dan fajar yang diharamkan melakukan shalat (Shubuh) dan diperbolehkan makan." (HR Ibnu Khuzaimah dan Hakim). 

Lalu bagaimana jika sedang sahur lalu terdengar adzan shubuh? Menurut ulama madzhab syafiiy bahkan mayoritas ulama 4 madzhab dan juga fatwa dari Syaikh Bin Baaz dan Syaikh al-Utsaimin tidak boleh ditelan makanan yang ada dimulut ketika mendengar adzan shubuh. 

Apabila sampai ditelan padahal sudah terdengar adzan shubuh maka puasanya batal. Dia wajib qadha puasa ramadhan. 

Oleh sebab itulah di indonesia ada waktu peringatan imsak 10 menit sebelum adzan shubuh. Walaupun sebenarnya masih boleh makan dan minum ketika ada yang bilang “waktu imsak sudah tiba”. Hal ini dilakukan agar kita berhati-hati ketika sahur. Jangan sampai waktu adzan shubuh sudah tiba sedang kita lagi asik makan sahur. 

Bahkan bisa dikatakan bahwa waktu imsak di indonesia itu sudah sesuai sunnah Nabi SAW. Sebab sahurnya Nabi SAW itu selesai sebelum datang adzan shubuh kira kira lamanya seperti membaca ayat alQuran 50 ayat. وعن  زيد بن ثبتُقال:ُتسحرنَ مع رسول الله صلىُاللهُ  عليهُ وسلمُ ثُ قمناُ إلُالصلاة.ُقلت:ُُكمُكانُ قدرُ .ماُُبينهما؟ُقال:ُخَسيُ آية.ُرواه البخاري ومسلم

Dari sahabat Zaid bin Tsabit dia berkata: kami makan sahur bersama Rasulullah SAW kemudian shalat shubuh. Aku bertanya: berapa lama jeda antara sahur Nabi dengan adzan shalat shubuh? Seperti membaca 50 ayat al-Quran.” (HR. Bukhari & Muslim) 

Adapun hadits shahih dibawah ini maksudnya adalah adzan pertamanya bilal pada malam hari. Bukan adzannya Ibnu Ummi Maktum pada saat adzan shubuh. 

إذَا سََِعَُأحَ د ك م الن دَاءَ وَالِإنََء ُعَلىُيدِهُِفلاَُيضَعْه حَتََُّّيَ قْضِىَ حَاجَته مُِنْه. 

“Jika salah seorang di antara kalian mendengar azan sedangkan wadah makanan masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan wadahnya tersebut hingga dia menunaikan 

hajatnya hingga selesai.” (HR. Abu Daud) 

Bab 6 : Sunnah Puasa 

Sunnah puasa maksudnya adalah sesuatu yang apabila kita kerjakan tentu akan menambah pahala. Namun jika tidak kita kerjakan juga tidak apa apa dan tidak berdosa.  

Akan tetapi walaupun sunnah tetap kita jaga kesunnahan ini sebagai bentuk ittiba’ kepada Nabi SAW. 

Diantara yang termasuk kesunnahan dalam puasa adalah sebagai berikut: 

A. Mengakhirkan Sahur 

Disunnahkan ketika hendak puasa untuk makan sahur terlebih dahulu. Walaupun sahurnya hanya dengan seteguk air tetap mendapatkan kesunnahan puasa. 

 Hal ini berdasar sabda Nabi SAW:تَسَُحَُُّ رواُفَُِإنَُُّفِيُُالسَّ حورُُِبَ رََُكة . ُ

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Makan sahurlah, karena pada sahur itu ada keberkahan”. (HR Bukhari dan Muslim) 

Selain itu juga disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur hingga mendekati waktu shubuh. 

Dalam hal ini Nabi SAW bersabda: 

لَُُتَ زَا لُُأ مَُّتُُِبَُِ يُْ مَُا عَُجَُُّل واُالفِطرَُ وَُأخَُُّ رواُالسَُّ حُورَُ . ُ

Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu’, ”Umatku senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur”. (HR. Ahmad) 

B. Menyegerakan Berbuka 

Ketika sudah adzan maghrib maka disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Makruh hukumnya jika sampai menunda buka puasa hingga waktu malam hari.  

 Dalam hal ini Nabi SAW bersabda:لَُُتَ زَا لُُأ مَُّتُُِبَُِ يُْ مَُا عَُجَُُّل واُالفُِطُْرَُ وََُُأخَُّ رواُالسَُّ حوَُر . ُ

Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu’, ”Umatku senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur”. (HR. Ahmad) 

C. Memperbanyak Ibadah Sunnah 

Bulan ramadhan adalah bulan kesempatan bagi kita untuk meraih banyak pahala dengan memperbanyak ibadah. Maka sangat rugi apabila di bulan ramadhan kita hanya fokus pada puasa saja.  

Padahal ibadah lainnya seperti membaca al-

Quran, shadaqah, i’tikaf, shalat tarawih, shalat witir, shalat dhuha dan lain-lain termasuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk ditingkatkan kualitasnya. 

D. Menahan Diri Dari Amal Buruk   

Disunnahkan ketika puasa untuk tidak berkatakata kasar, jorok, buruk, bohong dan lain-lain.  

Dalam sebuah hadits shahih Nabi Muhammad SAW bersabda: 

مَُنُُْ لَُُ يَُدَعُ قَُ وُْلَُُ الزُّورُُِ وَُالعَُمَُلَُُ بِهُُِ فَُ لَُيْسَُُ لَّلُِّ حُاجَُةُُ فِيُُ أَنُُْيَُدَعَُُطَُعَُامَُهُ وَُشَُُرَُاب هُ  . ُ

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dia untuk meninggalkan makan minumnya (puasanya). (HR Bukhari, Abu Daud, AtTirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah) 

إذَُاكانَُُيَ وُُْ مُصَُوُُِْمُأَحَُدِ كُمُُْفَلاَُُيَ رُْف ثَُُوَلَُُيصُْخَُبَُُفَُِإننُشَُاتََُِهُ ُأَحَُ دُُأَوُُْقَاتُِل هُُ فَُ لَُْي  قُلُْ:ُإِ نُُصَُائِ مُ . 

Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu melakukan rafats dan khashb pada saat berpuasa. Bila seseorang mencacinya atau memeranginya, maka hendaklah dia berkata, "Aku sedang puasa".  (HR. Bukhari dan Muslim) 

Bab 7 : Pembatal Puasa 

Dalam madzhab syafiiy dari berbagai sumber rujukan kitabnya, dapat kami simpulkan bahwa pembatal puasa kurang lebih ada 6 hal. 

6 pembatal puasa menurut madzhab syafi’iy adalah sebagai berikut: 

A. Sengaja Makan & Minum 

Siapapun yang dengan sengaja makan minum pada siang hari di bulan ramadhan maka puasanya batal dan wajib mengqadha puasanya. 

Dalil yang melandasi hal ini adalah firman Allah SWT: 

و كل وْا وَاشْرب واْ حَتََُّّيَ ت بيََُّل ك مُالْْيْ طُالأبْ ي ض مِنَُالْْيْطُِالأَسْوَدِ مِنَُالفَجْرُِ ثَُُّأتِوْاُال صِيامَُإلَُالليْلُِ. 

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam.” (QS. Al-Baqarah : 187) 

Dan juga hadits lain menyebutkan: 

عَنُْابنُِعَبَّا سُرضِيَُالَّلّ ُعَنْ  همَا قالَ: قالَُر سو لُالَّلُِّصلى الله عليهُوسلم:ُالفَجْ رُفجْرانِ:ُفجْ رُ يَُ ر مُالطعَامَُوََتُِلُُّفيهُِالصَّلَاة وَفَجْ رُتَُْ ر مُفيهُِالصَّلَاة ُأيْ:ُصَلَاةُ الصُّبْحُِ-ُوََيُِلَُّفِيهِ الطَّعَا م.ُُرََواهُ ابْنُ خُزَيَْْةَ وَالَْْاكِمُ . 

“"Fajar itu ada dua macam yaitu fajar yang diharamkan makan dan diperbolehkan melakukan shalat (shubuh) dan fajar yang diharamkan melakukan shalat (Shubuh) dan diperbolehkan makan." (HR Ibnu Khuzaimah dan Hakim) 

Adapun jika makan minum tanpa disengaja seperti orang yang lupa maka puasanya tidak batal. 

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : 

مَُنُُْنَسُِيَُ وَُ هُوَُُصَُائِ مُُفَُأَكَُلَُُأَوُُْشَُُرِبَُُفَُ لُْيُِ تمَُُّصَُوَُُْمهُ ُفإنَّّاُاللُه ُأَطعَُمَُهُ وَُسَُقَُاهُ . ُ

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Siapa lupa ketika puasa lalu dia makan atau minum, maka teruskan saja puasanya. Karena sesungguhnya Allah telah memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim)  

B. Sengaja Muntah 

Di dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w. 

593 H) disebutkan bahwa yang termasuk membatalkan puasa adalah sengaja memuntahkan apa yang ada dalam tubuh. 

Siapapun dengan sengaja memuntahkan sesuatu maka puasanya batal dan wajib qadha’ puasa. 

Namun jika muntah tidak disengaja seperti orang yang naik mobil kemudian dia mabok dan muntahmuntah maka puasanya tidak batal. 

Dalil atas hal ini adalah sabda dari Rasulullah SAW: 

مَُنُْ ذَُُرَِعَُهُ ُالقَُئُْ فَُ لَُيْسَُُعَُُلَُيْهُُِقَضَُاء وََُُمنُُِاسُْت قَُاءَُُعَُمُْدًُاُفَُ لَُْي قُْضُ 

”Orang yang muntah tidak perlu mengqadha’, tetapi orang yang sengaja muntah wajib mengqadha”. (HR. Abu Daud, Tirmizy, Ibnu Majah, Ibnu Hibban  dan Al-Hakim) 

C. Sengaja Mengeluarkan Sperma 

Apabila sedang puasa kemudian dengan sengaja mengeluarkan spermanya, masturbasi atau onani maka puasanya batal dan wajib qadha puasa. 

Namun jika keluar spermanya karena sebab mimpi basah pada siang hari maka puasanya tidak batal. Namun ia harus mandi wajib karena keluar sperma. 

D. Berhubungan Badan (Jima’)  

Di dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w. 

593 H) disebutkan bahwa yang termasuk membatalkan puasa adalah jima’ (bersetubuh) di siang hari dengan sengaja. 

Dasar ketentuan bahwa berjima’ itu membatalkan puasa adalah firman Allah SWT :  أ حِلَُّل كمُْليْ لةَُال صِيامُالرف ثُإلَُنِسَآئ كمُْ   هنَُّلبا سُ

ل كمْ وَأنت مُْلِبا س لََّ نَُّ. ُ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka...” (QS. Al-Baqarah : 187) 

Wajhu ad-dilalah dari ayat ini adalah Allah SWT menghalalkan bagi kita untuk melakukan hubungan suami istri pada malam hari puasa. Pengertian sebaliknya adalah bahwa pada siang hari bulan puasa, hukumnya diharamkan, alias jima’ itu membatalkan puasa. 

Perlu diketahui bahwa jika suami istri sampai melakukan hubungan badan (kemaluan masuk ke farji) di siang hari maka puasanya batal dan wajib qadha puasa. Diwajibkan juga baginya puasa 2 bulan berturut-turut sebagai kaffarat. Jika tidak mampu baru boleh memberi makan 60 faqir miskin. 

E. Memasukkan Sesuatu Ke Lubang Tubuh  

Di dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w. 

593 H) disebutkan bahwa yang termasuk membatalkan puasa adalah sengaja memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh seperti tenggorokan, hidung bagian dalam dan telinga bagian dalam. 

Adapun jika tidak disengaja maka puasanya tidak batal. Seperti ketika mandi tiba tiba tanpa sengaja ada yang masuk ke dalam telinga kita. Maka yang seperti ini tidak membatalkan puasa.  

F. Keluar Darah Haidh & Nifas  

Wanita yang sedang puasa ketika siang hari tiba tiba keluar darah haidnya maka puasanya batal. Dan dia wajib mengqadha puasanya. 

 Dalilnya adalah sabda Rasulullah SAW :وَعَنُْ أبُِ سَعيْ دُ الْ دْر يُِ   قَالَ: قَالَُ ر سو لُ الله  أليْسَُ

إذا حَاضَتُالْمَرَْأة ُلَُْت صَِ ل وَلَُْ تKhudhri ra berkata bahwa - صمُْ. ُDari Abi Said Al

Rasulullah SAW bersabda, "Bukankah bila wanita mendapat haidh dia tidak boleh shalat dan puasa". (HR Muttafaq 'alaihi) 

Dan juga hadits berikut ini : 

كَانَُُ ي صِيب  ناُ ذَلكَُُ فَ ن  ؤْمَ رُُ بقَضَاءُُِ الصَّوْمُُ ولَُُ ن  ؤْمَ رُُ بقَضَاءُُِالصَّلاةُِ. ُ

‘Dari Aisyah r.a berkata : “Di zaman Rasulullah SAW dahulu kami mendapat haidh lalu kami diperintahkan untuk mengqadha’ puasa dan tidak diperintah untuk mengqadha’ salat” (Muttafaqun 

Alaih). 

Walaupun darah tersebut keluar ketika hendak berbuka puasa kurang satu menit lagi adzan maghrib maka tetap batal puasanya. Wallahu a’lam.

Bab 8 : Orang Yang Boleh Tidak Puasa 

Ketika bulan ramadhan tiba maka diwajibkan bagi kita untuk berpuasa. Hal ini jika memang sudah terpenuhi syarat dan ketentuannya. 

Namun ada beberapa orang yang ketika ramadhan tiba dia malah boleh tidak puasa. 

Siapa saja mereka yang boleh tidak puasa adalah sebagai berikut: 

A. Orang Yang Sakit 

Orang yang sakit sampai tidak kuat untuk berpuasa maka dia boleh tidak puasa. Akan tetapi jika dia sembuh setelah ramadhan maka wajib mengqadha puasanya. 

 Dalil yang mendasari kebolehan orang yang sakit untuk tidak berpuasa adalah ayat berikut ini :فَمَُنُُْكاَنَُُ مُُِنْ كُمُُْ مَُُرُِْيضاًُ أَوُُْ عَُلىَُُ سَُفَُ رُُ فَعُِدَُّةُُ مُِنُُْ أَيََُّ مُُ أ خَُر  

Dan siapa yang dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan maka menggantinya di hari lain (QS AlBaqarah: 85)  

B. Musafir 

Begitu juga jika dalam keadaan musafir maka dia boleh tidak puasa namun afdhalnya tetap puasa jika kuat puasa. Untuk batasan safarnya adalah safar yang melebihi jarak 89 KM (jarak bolehnya qashar) dan safarnya bukan safar maksiat.  

Orang yang seperti ini boleh tidak puasa dan punya kewajiban untuk mengqadha puasanya di bulan lain.  

Dalil yang mendasari kebolehan orang yang musafir untuk tidak berpuasa adalah ayat berikut ini 

فَمَُنُُْكاَنَُُ مُُِنْ كُمُُْ مَُُرِيضاًُ أَوُُْ عَُلىَُُ سَُفَُ رُُ فَعُدَُّةُُ مُِنُُْ أَيََُّ مُُ أ خَُر  

Dan siapa yang dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan maka menggantinya di hari lain (QS AlBaqarah: 85)  

C. Orang Yang Tidak Mampu  

Orang yang tidak mampu berpuasa seperti orang tua renta dan orang sakit yang tidak sembuh sembuh seumur hidup maka boleh tidak puasa.  

Kewajibannya hanya membayar fidyah (makanan pokok) saja sebesar 1 mud atau seperempat dari ketentuan zakat fitrah. 

Dasar ketentuan ini adalah firman Allah SWT di dalam Al-Quran : وَعَلَىُالَّذِينَُي طِي قونه ُفدْية ُطعَا مُ مِسْكِ يُ. ُ

“Dan bagi orang yang tidak kuat/mampu, wajib bagi mereka membayar fidyah yaitu memberi makan orang miskin.” (QS Al-Baqarah)  

Para ulama telah sepakat bahwa yang termasuk ke dalam kriteria tidak mampu berpuasa adalah orangorang yang sudah lanjut usia atau sudah udzur, dan juga orang yang sakit dan tidak sembuh-sembuh dari penyakitnya.  

D. Ibu Hamil & Menyusui  

Di dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w. 593 H) disebutkan bahwa yang termasuk orang yang boleh tidak puasa adalah BUMIL (ibu hamil) & BUSU (ibu menyusui). 

Ketentuannya adalah jika bumil dan busu tidak puasanya karena sebab khawatir kepada dirinya saja maka kewajibannya hanya qadha puasa saja. 

Jika bumil dan busu tidak puasanya karena sebab khawatir kepada dirinya dan bayinya sekaligus maka kewajibannya hanya qadha puasa saja. 

Namun jika bumil dan busu tidak puasanya karena sebab khawatir bayinya saja maka kewajibannya qadha puasa dan bayar fidyah. 

  

Referensi 

Al Qur’an Al-Kariim 

Al Bukhari, Muhammad bin Ismail Abu Abdullah. Al 

Jami’ As Shahih (Shahih Bukhari). Daru Tuq An Najat. Kairo, 1422 H 

An Nisaburi, Muslim bin Al hajjaj Al Qusyairi. Shahih Muslim. Daru Ihya At Turats. Beirut. 1424 H 

At Tirmidzi, Abu Isa bin Saurah bin Musa bin Ad Dhahak. Sunan Tirmidzi. Syirkatu maktabah Al halabiy. Kairo, Mesir. 1975 

As Sajistani, Abu Daud bin Sulaiman bin Al Asy’at. Sunan Abi Daud. Daru Risalah Al Alamiyyah. Kairo, Mesir. 2009 

Al Quzuwainiy, Ibnu majah Abu Abdullah Muhammad bin Yazid. Sunan Ibnu majah.  Daru 

Risalah Al Alamiyyah. Kairo, Mesir. 2009 

Musthafa al-Khin, Musthafa al-Bugha. Al-Fiqhu alManhaji alaa Madzhabi al-Imam asy-Syafiiy, Kuwait. 

An nawawi , Abu Zakariya Muhyiddin bin Syaraf. Al Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab. Darul Ihya Arabiy. Beirut. 1932 

Abu Syuja’ , Matan al-Ghayah wa at-Taqrib. Darul Ihya Arabiy. Beirut. 1990 

Syifaa ,. Imta’ul Asmaa’ Fii Syarhi Matn Abi Sujaa’. 

Kuwait.2017. 

 

 

Muhammad Ajib, Lc., MA 

HP 082110869833 

WEB www.rumahfiqih.com/ajib 


EMAIL muhammadajib81@yahoo.co.id 

T/TGL LAHIR Martapura, 29 Juli 1990 

ALAMAT Tambun, Bekasi Timur  

 

PENDIDIKAN

     S-1 : Universitas Islam Muhammad Ibnu Suud 

Kerajaan Saudi Arabia - Fakultas Syariah Jurusan Perbandingan Mazhab 

     S-2 : Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta 

Konsentrasi Ilmu Syariah 

   

 

Saat ini penulis tergabung dalam Tim Asatidz di Rumah Fiqih Indonesia (www.rumahfiqih.com), sebuah institusi nirlaba yang bertujuan melahirkan para kader ulama di masa mendatang, dengan misi mengkaji Ilmu Fiqih perbandingan yang original,  mendalam, serta seimbang antara mazhab-mazhab yang ada.  

Selain aktif menulis, juga menghadiri undangan dari berbagai majelis taklim baik di masjid, perkantoran ataupun di perumahan di Jakarta dan sekitarnya.  

Secara rutin menjadi narasumber pada acara 

YAS’ALUNAK di Share Channel tv. Selain itu, beliau 

muka | daftar isi 

juga tercatat sebagai dewan pengajar di sekolahfiqih.com. 

Penulis sekarang tinggal bersama istri tercinta Asmaul Husna, S.Sy., M.Ag. di daerah Tambun, Bekasi. Untuk menghubungi penulis, bisa melalui media Whatsapp di 082110869833 atau juga melalui email pribadinya: muhammadajib81@yahoo.co.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar